EKONOMI, PERMINTAAN, PENAWARAN DAN KESEIMBANGAN PASAR
A.
EKONOMI
Ilmu
ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan
menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan
antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang
jumlahnya terbatas. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan.
Kata
“ekonomi” sendiri berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti “keluarga,
rumah tangga” dan (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis
besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.”
Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang
menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.
Ilmu Ekonomi
sangat penting bagi manusia untuk mengelola sumberdaya yang sifatnya terbatas
agar dapat digunakan secara efisien.
Dikelompokkan
dalam; Ilmu Ekonomi Mikro dan Ilmu Ekonomi Makro
1. Ekonomi
Mikro (teori harga): menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu rumah
tangga, perusahaan dan pasar, dalam mengelola sumberdaya ekonomi secara efisien. Teori mikroekonomi dapat
didefinisikan sebagai: satu bidang dalam ilmu ekonomi yang menganalisis
mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian.Isu pokok
yang dianalisis dalam teori mikroekonomi adalah: bagaimanakah caranya
menggunakan faktor-faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran
masyarakat dapat dimaksimumkan?
2. Ekonomi
Makro: menitikberatkan pembahasan tentang perekonomian secara keseluruhan
(agregatif), pengangguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan perdagangan
internasional
Ø Alat-alat Analisis dalam Ilmu
Ekonomi
Ilmu
ekonomi memerlukan beberapa alat analisis untuk menerangkan teori-teorinya dan
untuk menguji kebenaran teori-teori tersebut. Grafik dan kurva adalah alat
analisis yang utama dalam teori ekonomi. Dalam teori yang lebih mendalam,
matematika dan persamaan matematika memegang peranan yang sangat penting. Di
samping itu statistik adalah alat analisis untuk mengumpulkan fakta dan menguji
kebenaran teori ekonomi.
Ø
. Kegiatan
Ekonomi; 3 macam kegiatan pokok ekonomi/ aktivitas ekonomi:
a. Konsumsi
b. Produksi
c. Pertukaran
Ø
Sumberdaya Ekonomi; Sumberdaya adalah input
(faktor-faktor) yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan barang
atau jasa yang diinginkan, terdiri:
a. Sumberdaya
Alam, contoh: tanah, cadangan mineral
b. Sumberdaya
Manusia, contoh: tenaga kerja dan entrepreneurship
c. Sumberdaya Modal, contoh: peralatan phisik, mesin,
bangunan, komputer
B.
PERMINTAAN
Permintaan adalah sejumlah barang
yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu
tertentu. Secara umum, permintaan adalah kombinasi
berbagai jenis barang yang hendak dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat
harga. Adapun teori yang dimaksud dengan teori permintaan adalah teori yang
menerangkan tentang ciri hubungan diantara jumlah permintaan dan harga.
Hukum Permintaan (law of demand), menyatakan bahwa
jika harga naik maka jumlah permintaan turun, ceteris paribus. Atau sebaliknya.
Hubungan yang
memperlihatkan bagaimana perubahan kuantitas barang yang diminta ketika
harganya berubah akan membentuk kurva permintaan. Karena harga yang lebih
rendah akan memperlihatkan kuantitas barang yang akan diminta, maka kurva
permintaan mempunyai lereng yang negatif seperti dijelaskan pada gambar
berikut:
|
|
|
|
|
Kurva Permintaan Barang
Adanya hubungan yang negatif antara jumlah barang yang diminta dengan
tingkat harga yang diatur dalam hukum permintaan. Hukum permintaan adalah suatu
hipotesis yang menyatakan bahwa makin rendah suatu harga, maka semakin banyak
permintaan akan barang tersebut.
Dengan demikian permintaan dapat diartikan sebagai
banyaknya barang yang akan dibeli oleh pembeli pada suatu periode waktu
tertentu pada berbagai kemungkinan harga.
Hukum
Permintaan
Hukum
permintaan pada hakekatnya merupakan suatu hipotesa yang menyatakan :
"Semakin
rendah harga suatu barang, maka semakin banyak permintaan atas barang tersebut
; dan sebaliknya jika semakin tinggi harga suatu barang tersebut, maka semakin
permintaan akan barang tersebut makin sedikit".
Pemintaan
seseorang atau sesuatu masyarakat ke atas suatu barang ditentukan oleh banyak
faktor. Diantara faktor-faktor tersebut yang terpenting adalah sebagai berikut:
1.
Harga barang itu sendiri
Jika harga suatu barang semakin murah maka
permintaan terhadap barang itu bertambah, begitu juga sebaliknya. Hal ini
membawa kita ke hukum permintaan yang menyatakan bila harga suatu barang naik,
ceteris paribus, maka jumlah barang itu yang diminta akan berkurang dan
sebaliknya.
2.
Tingkat pendapatan perkapita
Tingkat pendapatan perkapita dapat
mencerminkan daya beli. Makin tinggi tingkat pendapatan daya beli akan makin
kuat sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat. Dan sebaliknya ketika
tingkat pendapatan menurun maka jumlah permintaan akan mengalami penurunan
pula.
3.
Jumlah penduduk
Perkembangan jumlah pendudukan biasanya
diikuti dengan perkembangan akan permintaan suatu komoditas karena dalam
kondisi tersebut akan lebih banyak orang yang membutuhkan komoditas tersebut.
4.
Citarasa masyarakat
Citarasa masyarakat mengalami perubahan
dari waktu ke waktu. Ketika keinginan seseorang terhadap suatu barang meningkat
maka kecenderungan permintaan akan barang tersebut akan mengalami peningkatan
pula. Begitu pula sebaliknya ketika intensitas citarasa seseorang mengalami
penurunan maka jumlah permintaan akan suatu komoditas akan menurun pula.
5.
Harga komoditi lain yang
berkaitan
Pada dasarnya barang dibedakan menjadi dua
yaitu barang pengganti (substitution) dan barang pelengkap (complementer).
Dua barang dikatakan saling mengganti apabila naiknya harga salah satu barang
akan mengakibatkan naiknya permintaan akan barang lainnya. Sementara hubungan
barang yang melengkapi adalah ketika naik harga salah satu barang akan
mengakibatkan penurunan permintaan terhadap barang lainnya.
6.
Perkiraan harga di masa datang
Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu
barang akan naik adalah lebih baik membeli barang itu sekarang sehingga
mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di
masa datang.
7.
Distribusi pendapatan
Tingkat pendapatan perkapita bisa
memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan buruk. Artinya
sebagian kecil kelompok masyarakat manguasai begitu besar “kue” perekonomian.
Jika distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah
sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.
C.
PENAWARAN
Penawaran
adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu,
pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
Hukum
Penawaran
Hukum
penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa : “Semakin tinggi harga suatu barang,
semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual.
Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang
tersebut yang ditawarkan.”
Dalam rangka menjawab kebutuhan
konsumen, pihak produsen menyediakan berbagai barang dan jasa. Barang dan jasa
hasil produksi ini kemudian dijual kepada konsumen di pasar menurut tingkat
harga tertentu. permintaan bersangkut paut dengan pembelian dan pemakaian
sedangkan penawaran bersangkut paut dengan peneyediaan dan penjualan. Jadi
penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia untuk dijual pada
berbagai tingkat harga dan situasi.
Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Suply)
1.
Biaya
produksi dan teknologi yang digunakan
Biaya pembuatan/produksi suatu
produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan
harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis
dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan
pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2.
Tujuan
Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari
keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan
marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan
ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang
rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah
untuk menarik minat konsumen.
3.
Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan
harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk
akibat permintaan konsumen yang turun.
4.
Ketersediaan
dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di
pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk
yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun
dikurangi.
5.
Prediksi
/ perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa
mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output
produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik
akibat berbagai factor
D. KESEIMBANGAN PASAR
1. Pengertian
Harga keseimbangan atau harga pasar (Equilibrium Price)
adalah tinggi rendahnya tingkat harga yang terjadi atas kesepakatan antara
produsen / penawaran dengan konsumen atau permintaan. Pada harga keseimbangan
produsen/penawaran bersedia melepas barang/jasa, sedangkan permintaan/konsumen
bersedia membayar harganya. Dalam kurva harga keseimbangan terjadi titik temu
antara kurva permintaan dan kurva penawaran, yang disebut Equilibrium Price.
2. Proses Terbentuknya Harga Pasar
Terbentuknya harga pasar dipengaruhi oleh faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. Masing-masing faktor dapat
menyebabkan bergesernya jumlah permintaan dan jumlah penawaran. Dengan
bergesernya permintaan dan penawaran akan mengakibatkan bergesernya tingkat
harga keseimbangan.
MENDEFINISIKAN
EKONOMI, PERMINTAAN, PENAWARAN DAN KESEIMBANGAN PASAR
Resume ini disusun guna memenuhi tugas
Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro
Dosen pengampu: Drs. Sutopo, MM
Oleh
:
1. SUGENG
AGUNG .R (
2010020012 )
2. M.
IMRON (
2010020023 )
3. M.
ZANURY ( 2010020084
)
4. MARYANTO ( 2010020085 )
5. RICHI
KURNIAWAN ( 2010020087
)
6. ALIM
SATRIA N. C . (
2010020089 )
UNIVERSITAS
ISLAM BATIK
SURAKARTA
2011
Kesimpulan
A.
Ekonomi
Ilmu
ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan
menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan
antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang
jumlahnya terbatas.
B.
Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang
yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu
tertentu
C.
Penawaran
Penawaran
adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu,
pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
D. Keseimbangan Pasar
Harga
keseimbangan atau harga pasar (Equilibrium Price) adalah tinggi rendahnya
tingkat harga yang terjadi atas kesepakatan antara produsen / penawaran dengan
konsumen atau permintaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar